Monday, June 26Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Yuks Nabung Saham

Share

Jakarta (jettnews.com) – Yuk Nabung Saham (YNS) merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengajak masyarakat sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli Saham secara rutin dan berkala.

Bursa Efek Indonesia terus melanjutkan program ‘Yuk Nabung Saham’ dengan menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) bersama Certified Securities Analyst (CSA) Institute dan IDX Channel. Dalam program ini, sebanyak 40 saham emiten menjadi rekomendasi para analis.

Tingkat pemahaman (literasi) masyarakat Indonesia terhadap pasar modal dan tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah dan yang terkecil dibandingkan dengan 5 industri jasa keuangan lainnya di Indonesia.Dengan melihat kondisi tingkat literasi dan jumlah investor di pasar modal Indonesia, BEI membuat sebuah konsep kampanye industri pasar modal yang kuat dan berskala nasional dengan tujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap pasar modal Indonesia, dengan judul kampanye “Yuk Nabung Saham”.

Yuk Nabung Saham (YNS) merupakan kampanye untuk mengajak masyarakat sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli Saham secara rutin dan berkala.

Kampanye ini dimaksudkan agar merubah kebiasaan masyarakat Indonesia dari kebiasaan menabung menjadi berinvestasi, sehingga masyarakat Indonesia mulai bergerak dari saving society menjadi investing society. Konsep menabung dalam program ‘Yuk Nabung Saham’ mengacu pada paradigma masyarakat Indonesia yang masih berpegang pada budaya menabung (savingsociety).

Kampanye yang dibuat dengan bahasa sederhana dan menarik, namun menimbulkan keingintahuan masyarakat diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk mulai berinvestasi, dari budaya menabung menjadi berinvestasi.Dengan bahasa yang mudah dicerna tersebut, lanjutnya, rupanya efektif menjaring nasabah baru yang sebelum sangat awam tentang informasi pasar modal.

Sebagai informasi, per November 2015, BEI mencatat, jumlah investor aktif di Indonesia per tahun hanya sebesar 37% atau 149.817 SID (single investor identification) dari total jumlah investor pasar modal di Indonesia yang saat ini berjumlah 427.068 SID.

Sumber : BEI

 

Leave a Reply