Wednesday, September 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Warga suriah dapat bantuan dari Negara Arab Saudi

Share

Dubai (JettNews.com) – Kini warga suriah yang terusir akibat perang saudara mendapatkan bantuan dari negara pendukung utama pemberontak yaitu Arab saudi, juga termasuk negara yang tengah berkonflik saat ini Allepo Timur.

Hal ini didapatkan dari kantor berita nasional, SPA, Senin (26/12), dari laporan tersebut juga mengungkapkan lebih dari 11 juta warga Suriah, sekitar separuhnya penduduk, mengungsi akibat perang sejak 2011 dan menewaskan lebih dari 300.000 orang itu.

Salah satu pendukung utama pemberontak adalah negara Arab Saudi, yang berperang untuk menjatuhkan Presiden Suriah Bashar al Assad, yang dianggap Riyadh sebagai antek kawasan musuh bebuyutannya, Iran.

Setelah pasukan pemerintah dukungan Rusia dan Iran memasuki benteng pertahanan mereka. Beberapa dari mereka bertahan di penampungan sementara dalam suhu sangat dingin, ribuan pejuang dan warga Suriah diungsikan dari Aleppo timur dalam gerakan militer sepekan pada bulan ini.

Laporan dari kantor berita nasional, SPA, pun melaporkan Raja Salman bin Abdul Aziz telah memerintahkan kampanye bantuan dimulai pada Selasa dan telah mengalokasikan 100 juta riyal atau sekitar 27 juta dolar amerika bagi gerakan tersebut.

“Penjaga Dua Mesjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, telah memerintahkan kampanye popular untuk diluncurkan, untuk menyediakan bantuan bagi saudara-sudara warga Suriah,” disampaikan oleh SPA.

SPA melaporkan dana bantuan akan digunakan untuk mendirikan penampungan bagi pengungsi dan untuk menyediakan makanan, obat-obatan, dan selimut bagi warga Suriah yang terusir. Tidak disebutkan di mana lokasi penampungan akan didirikan.

SPA juga melaporkan Raja Salman juga mendonasikan 20 juta riyal uang pribadinya bagi kampanye tersebut, Putera Mahkota Mohammed bin Nayef telah mendonasikan 10 juta riyal, serta Wakil Putera Mahkota, Mohammed bin Salman menyumbang delapan juta riyal.

Arab Saudi menyumbang dalam penggalangan bantuan PBB bagi Suriah, termasuk pertemuan amal di Kuwait dan di tempat lain, demikian Reuters.

Editor : Tama

Sumber : (SPA/Antara News)

Leave a Reply