Monday, June 26Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Uang baru di cetak oleh swasta, Peruri tanggapinya

Share

Jakarta (JettNews.com) Di media sosial (Medsos), beredar kabar bahwa uang rupiah desain baru dicetak oleh pihak swasta. Padahal, menurut undang-undang (UU) dan peraturan yang berlaku, hanya Perum Peruri (Persero) yang berhak mencetak uang rupiah.

Menganggapi hal itu, Head Of Corporate Secretary Peruri, Eddy Kurnia, selama ini pencetakan uang rupiah hanya dilakukan oleh Peruri. Ia menerangkan, Peruri telah mencetak rupiah sudah sekitar 45 tahun lamanya.

“Telah bertahun-tahun sejak Peruri ini didirikan, dari tahun 71, sampai dengan saat ini dan ke depan (pencetakan rupiah) itu dikerjakan oleh Peruri atas penugasan oleh BI (Bank Indonesia) dari dulu, saat ini, hingga ke depan,” Tegasnya seperti dikutip dalam laman, Dtc, Rabu (28/12).

Sejauh dan selama ini, lanjutnya peruri mencetak uang dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi, penuh kehati-hatian, berkualitas, dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

“Jadi, peruri mempunyai kompetensi sumber daya manusia yang mumpuni untuk mencetak uang, mempunyai mesin yang sangat canggih di area produksi Peruri di Karawang di luas 202 hektar,” Paparnya

Eddy pun menegaskan, bahwa tuduhan yang dilayangkan kepada Peruri tidaklah benar. Sebab, yang bertugas untuk mencetak uang rupiah adalah Peruri, hal itu sudah tertera jelas dalam UU nomor 7 tentang mata uang, dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 32 tahun 2006.

“Di dalam UU dan PP itu, dinyatakan bahwa BI untuk mencetak uang rupiah, menugaskan BUMN dalam hal ini adalah Peruri, untuk mencetak uang, jelas dinyatakan seperti itu,” Tukasnya.

Editor : Eka

Sumber : Dtc

Leave a Reply