Thursday, July 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Tahukah kamu Sumatera memiliki candi yang luasnya 8kali lebih luas dibandingkan candi borobudur?

Share

JETTNEWS.COM, Pendidikan – Tahukah kamu Sumatera memiliki candi yang luasnya 8kali lebih luas dibandingkan candi borobudur ? Candi tersebut berada di Provinsi Jambi, Candi yang diberi nama Muarojambi itu disebut yang terluas di Asia Tenggara. Untuk menuju komplek Candi Muarojambi hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit saja dari pusat Kota Jambi. Di tengah perjalanan, pengunjung akan disuguhi eloknya aliran sungai terpanjang di Sumatera, sungai Batanghari. Belum lagi deretan rumah tradisional khas Melayu Jambi hingga rimbunnya pepohonan buah khas Jambi, durian dan duku.

“Sudah sejak 2009 komplek Candi Muarojambi diajukan ke UNESCO sebagai situs warisan dunia,” ujar Junaidi selaku budayan Provinsi Jambi September 2016 lalu

Dari beberapa catatan sejarah Jambi, Candi Muarojambi diperkirakan berasal dari abad ke-11 Masehi. Komplek percandian ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1824 oleh seorang letnan Inggris bernama S.C. Crooke yang melakukan pemetaan daerah aliran sungai untuk kepentingan militer. Baru pada 1975, pemerintah Indonesia mulai melakukan pemugaran yang serius yang dipimpin R. Soekmono.Dari catatan itu, pakar epigrafi, Boechari menyimpulkan peninggalan di Candi Muarojambi berkisar dari abad ke-9-12 Masehi. Di situs ini sudah sembilan bangunan telah dipugar, semuanya bercorak Buddhisme. Kesembilan candi tersebut adalah Candi Kotomahligai, Kedaton, Gedong Satu, Gedong Dua, Gumpung, Tinggi, Telago Rajo, Kembar Batu, dan Candi Astano.

Beberapa arkeolog juga menyimpulkan, komplek Candi Muarojambi dahulu banyak dihuni dan menjadi tempat bertemu berbagai budaya. Ada manik-manik yang berasal dari Persia, China, dan India. Agama Buddha Mahayana Tantrayana diduga menjadi agama mayoritas dengan ditemukannya lempeng-lempeng bertuliskan “wajra” pada beberapa candi yang membentuk mandal. (Mt)

Editor : Eka

Leave a Reply