Friday, September 22Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Sedang hamil masih bisa kok berpuasa tanpa mengurangi kesehatan janin

Share

JETTNEWS.COM, Kesehatan – Bulan Ramadhan menjadi bulan bagi umat muslim untuk berpuasa, tapi selain itu bulan Ramadhan juga menjadi bulan untuk mengumpulkan amal Ibadah sebanyak-banyaknya karena di bulan ini semua amal Ibadah akan dilipat gandakan. Hal tersebutlah yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah

Bagi Ibu hamil berpuasa sama sekali bukan jadi penghalang meski kerap kali di khawatirkan puasa bisa menghambat asupan gizi dan nutrisi pada janin karena seharian penuh diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Pada saat anda memutuskan berpuasa selama masa kehamilan maka anda harus sanggup untuk menjaga kesehatan janin anda dengan mencukupi kebutuhan nutrisi sepanjang hari. Berpuasa memang tidak membiarkan anda kehilangann asupan nutrisi, waktu yang tepat untuk memnuhi kebutuhan nutrisi adalah saat berbuka dan sahur meskipun bagi anda yang sedang hamil berpuasa tidak menjadi keharusan jika akan menimbulkan masalah kesehatan janin. Tentu saja anda harus mengantongi keterangan sehat dari dokter kandungan atau bidan sehingga janin dan anda aman untuk berpuasa. Pada trimester kedua biasanya kondisi kesehatan dan janin sudah kuat sehingga memungkinkan untuk berpuasa. Beda dengan trimester pertama yang masih banyak perubahan sehingga anda butuh beradaptasi begitu pula dengan trimester terakhir persiapan persalinan sehingga membutuhkan kondisi jauh lebih baik.

Untuk menjaga kesehatan janin selama anda berpuasa Jettnews akan bagikan kepada anda, sebagai berikut :

Menjaga Kondisi Saat Berpuasa

Banyak yang merasa sanggup untuk melewati puasa meskipun sedang hamil. Perhatian utama yang bisa anda lakukan adalah menjaga kondisi kesehatan baik anda maupun janin. Jika dirasa anda mengalami beberapa gangguan kesehatan saat menjalankan puasa sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan. Perubahan lingkungan yang terkadang tidak terduga menyebabkan daya tahan tubuh di tengah-tengah anda menjalankan ibadah puasa terganggu. Jangan paksakan untuk berpuasa sekiranya kesehatan anda akan semakin buruk.

Mencukupi Kebutuhan Gizi

Saat berpuasa, Anda juga harus tetap mencukupi kebutuhan gizi untuk menjaga kesehatan Anda dan pertumbuhan serta perkembangan janin dalam kandungan. Anda bisa memenuhi kebutuhan gizi pada saat sahur dan buka puasa. Adapun nutrisi yang harus Anda penuhi pada kedua saat tersebut adalah vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan lemak. Anda bisa mendapatkan semua itu dari buah dan sayuran serta berbagai jenis makanan lainnya

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Tetap melaksanakan aktivitas seperti biasanya namun tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman akan membuat Anda lebih cepat lemas dan mengantuk. Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi delapan gelas air setiap harinya yang bisa Anda konsumsi saat sahur dan buka puasa. Selain dari air putih, Anda bisa mendapatkan cairan dari sayur dan buah. Selain untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, sayur dan buah juga dapat bermanfaat untuk perkembangan janin.

Perhatikan Aktivitas Sehari-Hari

Menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi untuk Ibu yang sedang mengandung buah hatinya. Selama hamil Ibu yang tengah mengandung akan mengalami begitu banyak perubahan mulai dari fisik hingga hormon di dalam tubuhnya. Perubahan-perubahan tersebutlah yang kadang membuat Ibu hamil jadi mengalami beberapa gangguan kehamilan, seperti pusing, kurang nafsu makan, morning sickness atau keluhan lainnya.

Untuk itu berpuasa disaat hamil penting agar setiap Ibu hamil dapat memperhatikan aktivitas kesehariannya. Penting untuk mengontrol tubuh agar tidak menyebabkan Ibu hamil jadi kelelahan apalagi sampai stres. Perlu diingat stres merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan gangguan pada janin, tidak hanya kesehatan janin tapi juga pada fase perkembangannya.

Lakukan Pemeriksaan Kehamilan

Meskipun sedang berpuasa penting untuk anda berkonsultasi dengan dokter mengenai perkembangan kehamilan anda. Hal ini untuk dapat mendeteksi dini gangguan kehamilan yang mungkin terjadi, sehingga periksakan secara rutin kandungan anda dapat mencegahnya.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat..

Editor : Dwina

Leave a Reply