Monday, September 25Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Ramadhan, Pengunjung Wisata Religi Alquran Raksasa Meningkat

Share
Bayt Alquran Al Akbar, Gandus Palembang

JettNews (PALEMBANG) – Pengunjung wisata religi Bayt Alqur’an Al Akbar yang berada di wilayah Gandus Palembang pada bulan Ramadhan 2017 mengalami lonjakan pengunjung yang cukup signifikan. Dikatakan, tidak hanya pengunjung dari dalam kota saja, namun masyarakat dari luar kota pun ramai mengunjungi Al quran Raksasa tersebut yang ada di Ponpes Modern Gandus, Palembang.

“Memang selama bulan suci Ramadan ini pengunjung meningkat dari hari biasanya, terutama saat akhir pekan dan hari libur,” ujar pendiri Bayt Alquran Al Akbar, Sofwatillah Mohzaib saat diwawancarai, Rabu (7/6).

Pria yang lebih akrab dipanggil Opat tersebut juga menambahkan, jika pada hari biasa hanya masyarakat lokal dan sekolah ataupun komunitas yang berkunjung. Namun, pada sepekan terakhir ada beberapa pengunjung dari nusantara dan mancanegara yang menyambangi untuk mengetahui sejarah dan sekadar berfoto sembari ngabuburit ataupun menunggu buka puasa.

“Tak kurang perminggu jumlah pengunjung mencapai 2 ribu sampai 3 ribu. Diperkirakan dalam satu tahun mencapai 500 ribu hingga 1 juta pengunjung,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Al quran yang terbuat dari kayu ini pun menjadi perhatian pengunjungnya karena ukurannya yang besar sehingga disebut raksasa. “Biasa itu kan dari Sumsel aja, tapi sejak bulan puasa ini ada dari luar juga. Banyak yang penasaran dan tanya sejarah Al quran raksasa ini,” terangnya.

Sementara itu, seorang pelajar yang mengunjungi Bayt Alquran Al Akbar, Linda mengaku sengaja datang bersama guru dan temannya untuk melihat Al quran raksasa tersebut dari dekat. Karena menurutnya, selain berwisata yang lebih penting mengunjungi Al quran raksasa ini secara tidak langsung orang bisa langsung membacanya, serta mengetahui sejarah-sejarah Islam.

“Karena ini bulan Ramadan, kita diwajibkan untuk membuka dan membaca Al quran, tapi di sini kita bisa membaca Al quran yang lebih besar hurufnya. Termasuk belajar tentang Islam itu sendiri,” ujar Linda.

Dari pantauan, pengunjung yang datang harus mentaati tata tertib saat berkunjung. Di antaranya wajib memakai hijab atau kerudung bagi kaum perempuan.

Bagi pria harus memakai celana panjang dan sopan, dilarang merokok, dan bila perlu harus berwudhu terlebih dahulu. Cukup membayar tiket seharga Rp 5 ribu, pengunjung langsung bisa masuk dan mempelajari ayat-ayat suci Alquran yang tertulis dengan cetakan huruf raksasa.

editor : Eka

Leave a Reply