Sunday, August 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Luncurkan kembali Rail Clinic

Share

Palembang, (JettNews.com) – Guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar jalur Kereta Api (KA). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Luncurkan Rail Clinic Generasi kedua yang dilakukan di Stasiun Kertapati Divre III pada Rabu, (21/12).

Direktur Utama PT. KAI Divre III Edi Sukmoro menjelaskan, Rail Clinic merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) dan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kami terhadap masyarakat, menggunakan kereta yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan.

“Di mana masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama” katanya dalam peluncuran Rail Clinic generasi kedua, Rabu (21/12).

Dikatakannya, Rail Clinic ini dibagi menjadi beberapa bagian, yakni mang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin. Di kereta pertama, seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR.

“Ada pula alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi, dan mang farmasi,” ungkapnya

Lanjutnya, Rail Clinic generasi kedua ini sedikit berbeda dari Rail Clinic generasi pertama. Perbedaan terdapat pada penambahan peralatan medis untuk pemeriksaan mata yang sudah menggunakan alat digital, sementara pada rail Clinic generasi pertama masih menggunakan perlatan manual.

“Dental unit pada Rail Clinic generasi kedua ini pun sudah diiengkapi TV monitor sehingga memudahkan pemeriksaan gigi. Selain itu, genset kereta pada Rail Clinic generasi kedua ini pun tidak sebising pada generasi sebelumnya sehingga tidak mengganggu pelayanan. Dari segi desain interior, Rail Clinic generasi terbaru ini pun dibuat lebih minimalis sehingga mangan terkesan lebih luas, mang istirahat untuk petugas kesehatan dan kru KA pun dibuat lebih nyaman” ungkapnya

“Selama satu hari ini masyarakat disekitar sekitar stasiun kertapati menikmati layanan kesehatan gratis di Rail clinic generasi terbaru kami. Pengoperasian Rail Clinic ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat, tennama yangtinggal di sepanjang lintas KA. Dengan adanya Rail Ciinic ini, kami harapkan masyarakat akan  turut menjaga kelancaran dan keamanan perjalan KA,” Tutup Direktur Utama PT KAI.

Sementara di tempat yang sama Welliansyah sebagai Manajer Kesehatan Daup (Daerah Operasi) 6 Jogja yang tengah bertindak sebagai tim medis kali ini mengatakan, adanya Rail Clinic ini digunakan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang dalam hal ini tidak terjangkau oleh tim kesehatan.

“Jadi sepanjang ada jalur kereta, kita fasilitasi masyarakat pengobatan secara gratis, sejauh ini kita juga telah lakukan maping (pemetaan wilayah) untuk KAI Divre III ini yang pertama di Stasiun Kertapati, ada juga stasiun Prabu mulih, dan Tanjung Enim,” katanya

Rencana juga kita adakan di divre IV terdiri dari beberapa stasiun yang juga telah kita tentukan selama setahun kedepan diantaranya yakni stasiun Tegineneng, Bekri Slusuban, Peninjoan, dan metur yang pasti kita sediakan tim kesehatan yang sesuai dengan kemampuannya.

“Tim dokternya terdiri dari 10 orang, namun dari sebanyak iti kita lakukan roling (pergantian jam), jika keadaan darurat kita akan siap siaga dan siap membantu” tukasnya

Editor : Tama

 

Leave a Reply