Monday, May 29Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Peringatan Hari HAM Sedunia 10 Desember

Share

Jakarta (Jettnews.com) – Hari ini masyarakat internasional memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional yang jatuh setiap tanggal 10 Desember. Penetapan tanggal tersebut adalah untuk memperingati pengadopsian Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada 1948 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada 1950, Majelis Umum menerbitkan resolusi 423 yang isinya mengimbau semua negara anggota dan organisasi PBB untuk setiap tahunnya mengingat 10 Desember sebagai Hari HAM Internasional.

Perjanjian tersebut mulai diadopsi pada 16 Desember 1966 oleh Majelis Umum PBB. Perjanjian tersebut, bersama dengan deklarasi pada 1948, menetapkan HAM dasar bagi setiap manusia, yakni: hak-hak sipil, politik, budaya, ekonomi, dan sosial.

“Pada Hari HAM, mari kita berkomitmen kembali untuk menjamin kebebasan dan melindungi hak-hak asasi setiap manusia di dunia,” ujar Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengutip dari situs resmi PBB, Kamis (10/12/2015).

Di Indonoesia peringatan hari ham sedunia juga mengusung tema: ”Harmoni dalam Hak Asasi Manusia, Kesetaraan Dalam Pemajuan Hak Asasi Manusia”.

kegiatan ini menjadi salah satu kanal untuk menginformasikan peningkatan jumlah kabupaten dan kota dalam pencapaian implementasi hak asasi manusia sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden 75/2015 tentang Rencana Nasional Hak Asasi Manusia periode 2015-2019 dan Permenkumham 25/2013 tentang Penilaian Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Kementerian Hukum dan HAM sebagai perangkat pemerintah yang bertugas dalam memantapkan dan memastikan terlaksananya penghormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan, dan pemanjukan hak asasi manusia (P5 HAM) di negara tercinta ini, ujar Menteri Hukum dan HAM ,Yasonna H.Laoly.

Editor : Tama

Leave a Reply