Wednesday, September 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Penetapan Alfamart sebagai badan publik adalah salah alamat

Share

Jakarta (JettNews.com) –  “Salah alamat jika ditetapkan sebagai badan publik,” berikut yang diungkapkan Roy N Mandey Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), jika Keputusan Komisi Informasi Pusat yang menetapkan PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk menjadi badan publik.

Persoalan ini bermula saat Komisi Informasi Pusat menetapkan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart, menetapkan sebagai badan publik lantaran saah satu perusahaan ritel terbesar tersebut telah melakukan penghimpunan dana dari konsumen.

Penghimpunan dana yang dilakukan pihak peritel sudah sesuai aturan yang berlaku dan yayasan penerima dana juga merupakan yayasan kredibel. Sudah melalui menajemen yang baik dan dipisahkan antara omzet perusahaan dan uang hasil donasi konsumen. Dan penghimpunan donasi tersebut

“Penghimpunan donasi secara standar operational procedure (SOP) memang dipisahkan,” ungkapnya saat gelar koferesi pers Aprindo di Kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (28/12).

Dikatakan Roy, Badan Publik adalah lembaga yang dibiayai oleh negara, sementara perusahaan ritel merupakan korporasi swasta bukan bagian dari  lembaga negara. Selama ini penghimpunan donasi merupakan sarana sosial pengusaha dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kami lahir di Indonesia, dagang di Indonesia, mendapat keuntungan dari rakyat Indonesia, kami juga ingin peduli dan merasakan bagi masyarakat yang membutuhkan donasi. Selain ke Yayasan yang kredibel, donasi juga dikumpulkan ketika ada bencana,” jelasnya

Sementara di tempat yang sama, Direktur Corporate Affair Alfamart Solihin mengatakan, donasi yang dihimpun melalui perusahaannya dilakukan dengan standar prosedur yang jelas dan dalam penghimpunannya tidak ada pemaksaan jika konsumen keberatan uang kembalian belanja digunakan untuk donasi.

“Sepenuhnya didasarkan atas dasar kerelaan dari konsumen,” tuturnya.

Editor : Tama

Sumber : Kps

Leave a Reply