Thursday, July 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Pelatihan berkelanjutan penting dalam mendorong UMKM

Share

Palembang (JettNews.com ) – Dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif kesiapan para pelaku di industri ini adalah yanng menjadi penting dan perlu dukungan pendanaan dan pelatihan yang berkelanjutan.

“Masalah jaringan pemasaran atas produk produk yang dibuat dan kemampuan pelaku UMKM itu menjadi masalah utama saat ini”. Ungkap Plt. Sekda (Sekertaris Daerah) Sumatera Selatan Joko Iman Sentosa usai menghadiri acara Pelatihan usaha mikro kecil dan menengah membina UMKM yang sukses melalui edukasi keuangan di Gedung serbaguna Bank Indonesia perwakilan Sumsel Rabu (7/12).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami kepada pelaku UMKM karena selama ini UMKM merupakan sasaran yang harus dikembangkan dan di support sepenuhnya.

“Dalam sasaran perkembangan ekonomi UMKM jadi alamat yang harus dikembangkan karena juga UMKM merupakan pendorong PDB (produk domestik bruto) Nasional” katanya

Saat disinggung soal kurang terserapnya KUR (kredit usaha rakyat) dirinya mengatakan kredit KUR kepada pelaku UMKM sepenuhnya bukan permasalah tidak tepat sasaran namun lebih kepada kurang solid dan kemampuan teknis mereka.

“Diharapkan dari pelatihan ini para pelaku UMKM dapat mengembangkan kembali jaringan mereka sehingga nantinya kredit KUR dapat terserap dengan baik” imbuhnya

Senada dengan itu, Sabil selaku Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 7 Sumsel mengatakan pihak UMKM harus kita dorong karena kita sadar UMKM merupakan usaha kecil namun memiliki kemampuan sebagai penyangga perekonomian nasional.

“Walaupun menjadi penyokong ekonomi saat ini pertumbuhannya masih relatif lambat dan susah untuk berkembang yang kendalanya dalam bidang pembiayaan tidak adanya keterampilan yang mendukung mereka dari permasalahan tersebut kita coba pecahan masalah tersebut dengan menggelar acara ini”tuturnya

Salah satu cara, lanjutnya kita sebagai OJK kita dukung dengan produk-produk industri jasa keuangan tentang bagaimana mengelola keungan kepada para pelaku usaha.

“Agar nantinya UMKM tumbuh yang sangat mempengaruhi ekonomi nasional bahkan mengurangi angka pengangguran, kami yakin setalah acara ini setelah mendapatkan pelatihan maka akan tumbuh pesat” tukasnya.

Dalam acara yang bertajuk Pelatihan usaha mikro kecil dan menengah membina UMKM yang sukses melalui edukasi keuangan juga dihadiri oleh
Intansi Bank Rakyat Indosia , Asosiasi Asuransi Indonesia, Jamkrida, dan M Raufik pelaku umkm yang telah sukses di bidang kuliner.

(Tri)

Editor : Eka

Leave a Reply