Sunday, August 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Natal, Polri tetapkan Jakarta siaga satu

Share

Jakarta (JettNews.com) – Malam Natal biasanya dilakukan dengan hikmat dan khusyuk, namun kali ini situasi berbanding terbalik karena Polri menetapkan status Siaga Satu pada perayaan Natal kali ini.

Menurut Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto, seiring penetapan status Siaga Satu, maka dua per tiga personel kepolisian pun dikerahkan untuk mengamankan Natal.

“Seluruh Indonesia siaga satu. Fokusnya pengamanan ibadah,” kata Rikwanto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (24/12) malam.

Informasi yang didapat dari beberapa media, jumlah personel Polri saat ini ada sekitar 400 ribu. Dari 400 ribu tersebut sekitar 300 ribu personel Polri, dengan sepertiga anggota Polri, pun diperkuat oleh unsur lain antara lain personel TNI pemerintah daerah, hingga pihak terkait dan unsur masyakarat, dikerahkan untuk pengamanan Natal.

Sementara soal alasan penetapan “Siaga Satu” dan pengerahan kekuatan secara maksimal, Rikwanto mengatakan bahwa hal itu seiring dengan maraknya penangkapan terhadap terduga teroris akhir-akhir ini. Polri pun melihatnya sebagai ancaman dan rawan aksi teror.

“Ancaman teror memang besar. Karenanya, bisa difokuskan dengan siaga satu. Kami sungguh-sungguh dalam mengamankan Natal,” jelasnya

Rikwanto, mengatakan, selain pengamanan Natal pihaknya juga berupaya semaksimal mungkin untuk menanggulangi aksi teror. Untuk hal itu, Polri menyerahkannya pada Detasemen Khusus 88 Antiteror.

“Tim dari Densus masih di Iapangan, dan masih mengantisipasi Natal dan juga tahun baru. Kami kian berusaha bagaimana menggagalkan aksi teror ini,” jelasnya.

Soal dikerahkanya juga anggota sniper. Rikwanto mengungkapkan, Polri hanya melakukan pengamanan fisik seperti sterilisasi gereja beserta pengawasan kantong parkir dan halamannya, penyediaan unit K-9, serta penggeledahan bagi setiap jemaah gereja.

“Tapi sejauh ini, Insya Allah aman. Pengamanan tetap fokus pada kegiatan,” pungkas mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Editor : Eka

Sumber : (Mg4/jpnn/pojoksatu)

Leave a Reply