Thursday, July 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Mencengangkan, Pemburu Kroto Ini Raup Keuntungan 12 Juta Per Bulan

Share

JETTNEWS.COM, InspirasiSeorang pemburu kroto atau telur semut di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kosasi (45) mengaku mampu meraup untung Rp 12 juta per bulan.

Warga pendatang asal Jawa Barat itu mengatakan, setiap hari dirinya berpenghasilan sekitar Rp 300.000 sampai Rp 400.000 dengan memburu kroto di kawasan hutan di daerah itu.

“Pekerjaan ini saya lakukan sejak 2014. Setiap hari saya bisa mengumpulkan sekitar 4 kilogram (Kg) kroto dengan harga Rp 100.000 per Kg,” ujarnya , Rabu (5/4).

Dalam usaha ini, dia mengaku tidak harus mengeluarkan modal untuk meraup untung belasan juta tersebut karena hanya berbekal waring dan sebatang kayu untuk memecahkan sarang semut.

“Pekerjaan ini tidak butuh modal, hanya butuh upaya lebih keras dan rajin masuk keluar hutan,” ujarnya.

Menurut dia, untuk mendapatkan 4 Kg kroto dirinya butuh waktu tiga jam saja, di mana telur-telur semut itu sudah ada yang menampungnya. “Kroto ini peminatnya banyak,” ujarnya.

Kroto sendiri diminati masyarakat untuk makanan burung dan belakangan ini juga digunakan untuk makanan ikan dan ayam peternak.

“Tidak ada tantangan berarti saat mengambil telur semut kendati binatang itu menggigit tetapi tidak berbisa,” pungkasnya.

Sumber : Merdeka

Editor : Efdi

 

Leave a Reply