Friday, June 23Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Mekanisme Antikythera, Komputer Tertua di Dunia yang jadi google doodle hari ini ?

Share

Jettnews.com – Laman utama Google hari ini, Rabu (17/5/2017), kembali dihiasi dengan doodle. Kali ini, Google memperingati penemuan mekanisme Antikythera yang ke-115.

Google membuat ilustrasi dari mekanisme Antikythera itu sendiri sebagai doodle hari ini. Semua unsur mekanisme tersebut dijadikan unsur untuk membentuk tulisan “Google”.

Apakah sebenarnya mekanisme Antikythera yang dijadikan Google doodle hari ini?

Mekanisme Antikythera disinyalir sebagai komputer tertua di dunia. Benda itu ternyata merupakan panduan mempelajari alam semesta.

Misteri bermula saat mekanisme Antikythera ditemukan di sebuah kapal karam di Laut Aegean di sebelah selatan Pulau Yunani pada tahun 1901. Para ilmuwan tidak bisa mengungkap fungsi benda tersebut karena mereka hanya memahami sebagian kecil teks saja.

Sekitar 12 tahun lalu, cahaya terang menuju terungkapnya misteri alat itu terungkap. Ilmuwan mulai paham bahwa mekanisme Antikythera terkait dengan tujuan astronomi. Dengan alat itu, diperkirakan manusia masa lalu bisa memerkirakan posisi benda-benda langit dilihat dari Bumi.

Kini, setelah usaha cermat dengan alat mutakhir, ilmuwan bisa membaca 3.500 karakter atau 500 kata dari teks penjelasan yang terdapat di dalam mesin berumur sekitar 2.100 tahun ini.

Jika anda mengira bahwa komputer baru ditemukan pada abad ke-20 mungkin saatnya untuk dipikirkan kembali. Jauh sebelum itu, sekitar 150 tahun sebelum masehi, komputer tertua di dunia sudah diciptakan. Adalah kalkulator astronomi berusia 2.000 tahun yang dibuat oleh orang-orang Yunani kuno, yang kemudian disebut mekanisme Antikythera.

Artefak logam yang merupakan bagian dari mekanisme ini ditemukan lebih dari seabad yang lalu oleh penyelam di dasar lautan. Setelah temuan itu, mekanisme Antikythera adalah sumber misteri selama bertahun-tahun. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti mulai menguak satu per satu rahasianya.

Pertengahan tahun 2016 lalu, sebuah tim ahli telah mengungkapkan informasi terbaru. Hasil pembacaan terhadap 35.000 karakter Yunani berukuran kecil di perangkat itu ternyata menguraikan beberapa keajaiban teknik paling menakjubkan sepanjang sejarah.

“Mekanisme Antikythera telah mengajarkan kepada kami adalah bahwa para mekanik Yunani kuno dapat merancang dan membangun perangkat yang sangat kompleks. Perangkat itu memiliki skala yang sangat kecil,” kata Profesor Alexander Jones. Ia adalah pakar sejarah astronomi kuno yang berbasis di Institute for Study of the Ancient World di New York, seperti dikutip Digital Trends. Menurut dia, alat itu memakai prinsip matematika dan menyajikan sebuah agenda ilmiah.

Leave a Reply