Friday, June 23Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Lahir than 90an, pasti pernah memainkan permainan ini

Share

JETTNEWS.COM, Pendidikan – Memang sekarang permainan sudah banyak jenis dan ragamnya tapi sungguh miris ketika melihat anak-anak zaman sekarang mereka asyik bermain tablet atau smartphonenya, nah demi untuk mengingatkan anda yang lahir di tahun 90an ini permainan cukup legendaris ini.

Ya jenis permainan ini cukup popular di tahun 90an, ya water beads permainan ini adalah super absobent polymer atau butiran-butiran yang dapat menyerap air, yang mana ketika sudah direndam air butiran-butiran tersebut berubah menjadi bola-bola jelly yang lentur dan dapat dipecahkan. Pertama kalinya ditemukan oleh seorang ilmuwan di Swiss pada tahun 1978. Awalnya dipakai untuk keperluan medis, seperti untuk lensa kontak, untuk mengobati luka bakar, dan semacamnya. Kemudian berkembang terus dan kini banyak digunakan dalam pertanian. Eh?

Iyap, water beads atau yang sering disebut juga hidrogel kini banyak dimanfaatkan untuk media tanam pengganti tanah. Kita bisa menanam bunga atau tanaman apa saja dengan media hidrogel dan meletakkannya sebagai hiasan rumah. Cantik sekali! Saya pernah menjumpai pot-pot berisi hidrogel yang dijual di Mirota Kampus Jogja. Ada yang sudah ada bibit tanamannya juga lho.

Untuk yang senang bertanam tapi tidak punya lahan luas, hidrogel atau water beads ini in syaa Allah bermanfaat sekali. Hidrogel berfungsi menyerap, menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel tidak larut dalam air tetapi hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman yang kita tanam. Jadi, tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat. Psst…hidrogel mampu menyerap air sebanyak 100 – 200 kali berat hidrogel itu sendiri lho.

Nah, selain untuk media tanam, hidrogel juga bermanfaat untuk permainan sensory bagi anak-anak. Teksturnya yang lentur dan unik, sangat cocok bagi anak-anak balita untuk latihan meremas, melatih kelenturan tangan. Bisa untuk latihan menyendok juga, memisahkan gel sesuai dengan warnanya, belajar menjepit jika digunakan dengan penjepit kue. Anak-anak saya sangat suka bermain water beads ini dan sangat betah berlama-lama. Resikonya, memang bakalan hancur karena diremas-remas terus. 

Editor : Eka

Sumber : rumahbunda

 

Leave a Reply