Wednesday, August 23Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Kopi Kawa Khas Payakumbuh

Share

JettNews.com – Sebagai minuman, kopi dibuat dari biji tanaman kopi yang diolah sedemikian rupa. Hasilnya merupakan minuman dengan warna yang pekat, rasa yang dalam, serta aroma yang khas. Namun berbeda di Payakumbuh, Sumatera Barat, kopi tidak diolah dari biji melainkan daun tumbuhan kopi, minuman khas tersebut dinamakan “kopi kawa”

Ternyata ada kisah yang sangat mengharukan dibalik kopi kawa yang berasal dari Payakumbuh ini, asal usul kopi kawa ini ternyata dibuat oleh masyarakat Payakumbuh di zaman penjajahan Belanda, tepatnya saat kebijakan tanam paksa diberlakukan kepada masyarakat.

Masyarakat Payakumbuh menanam tapi tak bisa minum kopi karena semua biji kopi diambil oleh Belanda, dan untuk mengurangi rasa sakit hati, masyarakat mengambil daun-daun kopi itu, lalu daun-daun tersebut diasap kemudian dikeringkan dan direbus, jadilah kopi kawa.

Cara mengolah kopi kawa pun cukup unik, dimana daun kopi yang sudah diasap dan dikeringkan hanya perlu direbus di panci tanah liat dan untuk menambah rasa nikmat kopi kawa, bisa ditambahkan kayu manis dan gula merah yang sebelumnya telah dicampurkan dengan cengkeh. Ternyata , kopi kawa sangat baik untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Rasa kopi kawa sangat unik, lebih mirip teh dibanding kopi. Warna cokelatnya tidak lebih pekat daripada kopi, dengan kedalaman rasa yang lebih berat ketimbang teh, rasa asapnya yang begitu kental dan ternyata mengonsumsi kopi kawa tidak menimbulkan reaksi pada lambung atau jantung yang berdegup kencang layaknya kopi yang biasa kita minum, dan yang perlu diketahui kopi kawa ini minim kafein.

Editor : Eka

Sumber : Jettnews

Leave a Reply