Friday, June 23Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Kesehatan : Beberapa Posisi Tidur Yang Tepat Untuk Tubuh Anda.

Share

JettNews.com, Jakarta – Setiap orang memiliki posisi tidur favorit, mulai dari telentang, tengkurap, bahkan menyamping. Namun penting untuk memastikan posisi tidur mana yang terbaik untuk tubuh Anda.

Posisi tidur dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika tidur dengan posisi yang kurang tepat, dapat menyebabkan kondisi seperti sakit punggung dan leher, kelelahan, sleep apnea, sakit kepala, sakit maag, masalah perut, dan bahkan keriput dini.

Jika ingin mengurangi risiko tersebut, berikut ini adalah posisi tidur yang paling baik hingga paling buruk untuk tubuh Anda.

Tidur telentang

Posisi ini yang paling baik untuk tubuh karena membuat kepala, leher, dan tulang belakang beristirahat dalam posisi netral. Ini berarti, tidak ada tekanan ekstra pada area-area tersebut yang dapat membuat Anda sakit keesokan paginya.

Posisi telentang juga cocok untuk menangkal refluks asam, namun pastikan untuk menggunakan agak banyak bantal untuk mengangkat kepala Anda lebih tinggi dari perut, supaya makanan tidak naik kembali ke tenggorokan.

Tetapi bagi orang yang mengalami sleep apnea, posisi ini kurang cocok, karena tidur telentang dapat menyebabkan lidah memblokir saluran pernapasan. Posisi ini juga bisa membuat dengkuran menjadi lebih parah.

Tidur menyamping

Posisi tidur ini juga dapat menurunkan refluks asam, sakit punggung, dan sakit leher. Tidur menyamping juga dapat membuat saluran pernapasan terus terbuka, sehingga sangat baik untuk mereka yang menderita sleep apnea. Namun tidur menyamping dapat membuat Anda keriput, karena wajah terus menempel pada bantal

Posisi tidur seperti janin

Posisi tidur yang seperti janin ini (badan menyamping ke arah kiri, tubuh membungkuk, dan lutut ditekuk) sangat baik dipraktikkan jika Anda sedang hamil. Karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan janin di dalam perut, serta mencegah rahim menekan hati.

Namun, tidur dengan posisi ini dapat membuat pernapasan menjadi terbatas dan bisa menyebabkan nyeri pada sendi dan punggung saat keesokan harinya. Untuk mengurangi risiko tersebut, renggangkan tubuh Anda sebanyak mungkin, serta bisa juga dengan menempatkan bantal diantara lutut Anda.

Tengkurap

Posisi ini yang paling buruk, karena dapat menyebabkan sakit punggung dan leher. Ditambah lagi, tengkurap juga menekan otot dan sendi yang dapat menimbulkan mati rasa, kesemutan, dan pegal-pegal. Jadi lebih baik hindari tidur dengan posisi ini.

Editor : Dwina

Sumber : Liputan6

Leave a Reply