Sunday, August 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Kehidupan sosial yang tidak sehat akan berdampak pada kesehatan

Share

Palembang – JettNews.com, Setiap orang pasti ingin selalu memiliki kondisi kesehatan yang prima. Tak ada seorang pun ingin berada dalam kondisi sakit. Badan yang sehat memudahkan orang untuk melakukan banyak hal. Bahkan untuk menikmati hal yang paling santai sekalipun. Sehat jiwa dan raga membuat orang mampu mengambil keputusan terbaik yang dapat mereka terapkan dalam hidupnya. Segala upaya dilakukan agar tetap sehat. Menerapkan gaya hidup sehat mulai dari mengkonsumsi makanan bernutrisi, olahraga yang cukup dan istirahat berkualitas merupakan upaya yang dilakukan agar tetap sehat. Tetapi hati-hati, upaya ini bisa saja dirusak oleh hubungan yang tidak sehat dalam kehidupan sosial.

Dilansir dari mindbodygreen.com, Selasa (20/12/2016) dalam Studi Whitehall II yang melibatkan lebih dari 10 ribu orang terungkap, ada hubungan yang nyata antara kesehatan yang buruk dengan stres dan hubungan sosial yang tidak sehat. Mereka yang memiliki kualitas hubungan yang buruk lebih beresiko terkena stroke dan penyakit jantung dibandingkan mereka yang punya hubungan baik-baik saja dengan lingkungan sosialnya.

Sebagai mahkluk yang bersosialisasi, semua orang pasti ingin memiliki hubungan yang baik dan sehat, namun bisa saja kehidupan membawa kita pada hubungan yang kurang baik. Kalau bisa memilih pastinya kita hanya ingin bertemu dengan orang-orang yang bisa menjalin pertemanan yang sehat. Sayangnya hubungan yang beracun dan tidak sehat sulit untuk dideteksi. Kalau Anda terlanjur mengalaminya apa yang seharusnya dilakukan?

Ada 3 tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat meskipun Anda memiliki hubungan yang tidak sehat dengan lingkungan sosial.

Sadari Anda Punya Pilihan

Setiap bertemu orang mungkin kita akan memiliki hubungan yang berbeda. Tidak semuanya terjalin baik. Jika Anda terpaksa berada dalam hubungan yang tidak sehat, berdamailah dengan diri bahwa memang seperti itu hubungan yang ada. Anda tidak bisa memaksakan agar semuanya berjalan sesuai harapan apalagi mengubah orang lain. Anda bisa memilih untuk membatasi hubungan, memutus hubungan sama sekali atau memilih terus merasa sengsara karena hubungan itu. Jangan sampai pilihan terakhir yang dipilih karena hanya akan menyakiti diri sendiri dan membuat Anda jadi sakit.

Tumbuhkan Kesadaran Diri untuk Mengambil Keputusan yang Tepat

Mengatasi suasana hati yang terganggu karena hubungan tidak baik, ada baiknya melihat lagi ke dalam diri sendiri. Meditasi bisa dilakukan agar hati dan pikiran menjadi lebih bersih dan lebih baik Sehingga Anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk kelanjutan hubungan Anda.

Bicara dengan Seseorang

Anda mungkin tidak bisa mengatasi sendiri setiap permasalahan hubungan yang dihadapi. Mencoba berbicara dengan orang lain mungkin akan membantu untuk memberikan pandangan yang lebih netral dan objektif. Tidak sembarang orang bisa diajak bicara. Anda harus memillih orang yang bisa dipercaya dan dirasa mampu untuk memberi pandangan yang baik terhadap permasalahan Anda. Jika tidak ada orang seperti itu dalam daftar teman Anda, mungkin perlu bertemu seorang konselor untuk membantu mengatasi permasalahan hubungan Anda.

Kehidupan yang tentram tanpa diganggu oleh beban perasaan adalah keinginan setiap orang dalam menjalani hidup. Hubungan yang baik akan membantu Anda tetap berada dalam kondisi jiwa dan kesehatan yang sehat. Jadi, apakah masih ingin bertahan dalam hubungan yang menyakitkan?

Editor : Dwina

Sumber : Liputan6

Leave a Reply