Sunday, August 20Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

KANWIL DJP SUMSEL DAN KEP. BABEL MAKIN GENCAR SOSIALISASIKAN AMNESTI PAJAK

Share

Palembang (Jettnews.com) – Menjelang berakhirnya periode II Amnesti Pajak yang jatuh pada tanggal 31 Desember 2016 nanti, Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel semakin gencar melakukan kegiatan sosialisasi Amnesti Pajak kepada masyarakat. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan penerimaan pajak menjelang berakhirnya tahun 2016.

“Saat ini sumber penerimaan negara yang paling besar bersumber dari pajak, namun memang penerimaan pajak tahun ini masih kurang baik. Sementara pemerintah butuh dana yang besar untuk pembangunan infrastruktur, dan belanja negara. Amnesti Pajak diharapkan dapat membantu mengatasi kekurangan penerimaan, masa kita mau utang lagi?” demikian disampaikan oleh Ibrahim, Kepala Bidang Pemeriksaan, Penagihan, Intelejen, dan Penyidikan Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi amnesti pajak di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan.

Selain itu, menurut Ibrahim kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat membuat semua data dan informasi khususnya di bidang perpajakan menjadi semakin terbuka.

“Sekarang ini, teknologi informasi semakin maju, basis data kami pun semakin berkembang. Kami sudah bekerja sama dengan berbagai instansi untuk membantu kami dalam membentuk basis data perpajakan yang valid. Misalnya data perumahan, sekarang mudah sekali bagi kami untuk bisa melacak kepemilikan bangunan tersebut milik siapa, sudahkah dibayar kewajiban pajaknya, dan sebagainya. Apalagi nanti di tahun 2018 akan ada keterbukaan informasi perbankan. Oleh karenanya mari kita bersihkan administrasi pajak kita dengan memanfaatkan amnesti pajak ini.” tambahnya.

Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan menyambut baik diadakannya sosialisasi amnesti pajak ini. Hal ini disampaikan oleh Plh. Kepala Kanwil KemenkumHAM,  Kepala Divisi Pemasyarakatan, Zulkifli dalam sambutannya.

“Tidak bisa dipungkiri, pajak adalah elemen penting dalam kehidupan bernegara. Kita harus mendukung dan membudayakan budaya taat pajak. Bicara pajak sekarang ini tentunya tidak lepas dari amnesti pajak. Amnesti pajak diharapkan dapat memberi terobosan dalam upaya pemerintah untuk mengumpulkan APBN dan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur  di Indonesia.” imbuhnya.

Sementara itu, bertempat di Kantor Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Sumatera Selatan juga dilakukan sosialisasi amnesti pajak. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Sumatera Selatan, Basyar, menyatakan dukungannya terhadap Amnesti Pajak. Basyar menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk segera memanfaatkan Amnesti Pajak pada periode II sebab tarif uang tebusannya masih cukup rendah yaitu 3% dibandingkan bila mengikuti pada periode III dengan tarif sebesar 5%.

Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) DPD Sumatera Selatan yang sebelumnya telah mengikuti sosialisasi amnesti pajak pada periode I, juga mengadakan sosialisasi aspek perpajakan pada sektor Real Estate di Hotel Aryaduta Palembang. Diharapkan semua kegiatan sosialisasi yang dilakukan dapat membantu menggenjot penerimaan pajak dan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak.

Editor : Eka

Leave a Reply