Monday, June 26Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Ingin Perabot Dapur Anda Kinclong Kembali ?? Gunakan Garam

Share

(JettNews.com) – Garam dapur tak hanya bermanfaat untuk urusan masak-memasak saja, namun ada lebih banyak fungsi lain dari benda berasa asin tersebut. Dikenal sebagai natrium klorida pada ilmu kimia, garam juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bersih-bersih perabot rumah.

Anda pasti tak menyangka besarnya manfaat garam dapur untuk membuat benda berkarat bisa kinclong kembali. Berikut ini antara lain fungsi dari garam:

Garam plus cuka

Campuran garam dan cuka akan menimbulkan reaksi kimia yang bersifat abrasif atau mengikis. Jadi bila Anda gunakan gabungan kedua bahan tersebut untuk membersihkan porselen kusam, atau wajan kusam, kompor kusam, dan peralatan lain yang tak berkilau lagi, maka dalam waktu singkat semua akan kembali seperti baru. Caranya, rendam sejenak benda yang akan dibersihkan dengan cairan garam dan cuka, lalu gosok hingga bersih.

Garam dan minyak goreng

Campuran garam dapur dan minyak goreng mampu membersihkan perabot dari kayu semisal sendok, talenan, dan lainnya.

Garam membunuh bakteri

Untuk beberapa peralatan masak seperti talenan yang kerap dipakai, kemungkinan adanya pertumbuhan bakteri disana sangat besar. Untuk membersihkannya, taburi dengan garam dapur dan beri sedikit air. Diamkan beberapa lama, lalu sikat dan bilas hingga bersih. Talenan akan bebas bakteri.

Garam untuk membersihkan noda di baju

Wah, ini juga manfaat tak terduga dari garam. Jika baju Anda terkena noda, segera taburi garam dan beri sedikit air. Diamkan beberapa lama dan noda akan luntur. Demikian juga bila baju berbau tak sedap akibat lama direndam atau tak kering. Rendam dengan garam, maka aroma tak sedap akan hilang.

Garam dan air lemon

Garam dan zat asam adalah pembersih yang ampuh. Gunakan untuk membersihkan berbagai peralatan dapur dan rumah yang kotor dan kusam. Perkakas Anda pun bisa kembali kinclong. Semoga bermanfaat.

Editor : Dwina

Sumber : JettNews

Leave a Reply