Monday, June 26Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

DJP Sumsel Perkuat Pajak Dengan Silaturahmi

Share

Palembang (JettNews) – Rabu 7 Desember 2016 Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel meyelenggarakan acara silaturahmi dan ramah tamah bersama para ketua dan perwakilan paguyuban marga-marga Tionghoa yang ada di Palembang, bertempat di Ballrom Picollo Hotel Arista Palembang. Dalam sambutannya, Kakanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel, M Ismiransyah M.Zain, menyampaikan harapannya agar Ketua dan perwakilan marga Tionghoa mengajak anggota paguyubannya untuk memanfaatkan Amnesti Pajak. Ibarat obat, Amnesti Pajak merupakan obat paling paten untuk semuapermasalahan pajak.

Tampak pewakilan paguyuban marga Tionghoa yang rata-rata merupakan pengusaha – pengusaha sukses dan ternama di Kota Palembang berdiskusi terkait perkembangan ekonomi terbaru dan masalah-masalah perpajakan yang mereka temui.
0411
Dalam acara ini juga disampaikan masih kurangnya partisipasi Wajib Pajak dalam mengkuti Amnesti Pajak. Menurut Ketua Tim Penyuksesan Amnesti Pajak, Richard Burton, untuk kota Palembang saja jumlah peserta Amnesti Pajak masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah Wajib Pajak yang seharusnya melaporkan SPT. Secara keseluruhan untuk Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung nilai uang tebusan Amnesti Pajak periode pertama sekitar Rp 795,5 miliar sedangkan periode kedua nilai uang tebusan baru sekitar Rp 34,8 miliar.

Disampaikan Kepala Bidang P2Humas Lamban Subeqi Purnomo, misalkan harta yang belum dilaporkan di SPT Tahunan 3,4 miliar, maka dengan skema undang-undang pajak secara umum menggunakan asumsi  penghasilan di atas 500 juta yang dikenakan tarif progresif PPh 30% dan sanksi 2% maksimum 24 bulan, maka akan dikenakan PPh dan sanksi sebesar Rp 1,5 miliar. Sedangkan jika mengikuti Amnesti Pajak cukup membayar uang tebusan sebesar 3% yaitu 102 juta. Kesempatan emas ini harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya sebelum periode Amnesti Pajak periode kedua berakhir 31 Desember 2016.

Editor : Eka

Leave a Reply