Monday, June 26Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Biar Tak Tertipu Membeli Durian, Simak Tips Berikut !!

Share

(JettNews.com) – Musim durian sedang berlangsung, saat dimana begitu banyak penjual buah beraroma wangi itu menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Anda yang tidak terbiasa membeli durian, atau tak paham seperti apa ciri buah yang berdaging enak, tebal, dan matang sering kurang beruntung memperoleh buah yang tidak sesuai keinginan.

Mendapat daging buah yang busuk, belum matang, atau bahkan terlalu matang hingga tinggi kadar alkoholnya bisa membuat pembeli kecewa pastinya. Apalagi harga buah ini cukup mahal di daerah yang jauh dari sentra perkebunan durian.

Nah, untuk memudahkan memilih durian agar tak ditipu oleh pedagang nakal, berikut ini tipsnya gais, yang pertama lihat bentuk bulat sempurna pada buah. Jika tak simetris atau salah satu sisi lebih kecil, itu pertanda daging di dalamnya juga kurang baik tumbuhnya atau lebih kecil.

Kedua, aroma durian yang matang akan lebih wangi dan tajam. Anda boleh mencium satu per satu buah tersebut untuk membandingkan. Ketiga, tangkai durian yang masih menempel dapat Anda perhatikan. Apakah ujungnya rata atau pecah. Jika rata berarti durian dipotong dengan pisau saat belum matang, sedang yang ujungnya tidak rata itu adalah yang matang pohon.

Keempat nih gaiss lihat durinya, jika posisi letaknya jarang dan besar-besar berarti durian berdaging tebal, dan kering. Jika posisi duri dekat, maka dagingnya basah. Kelima, apabila Anda menepuk kulit luar durian dengan pisau dan suaranya seperti bergema, itu durian matang.

Dan yang terakhir nih gaiss, perhatikan dengan teliti bagian kulit luar, jika ada noda hitam kecil seperti berlubang, maka itu berarti durian busuk bagian daging dalamnya gaiss. Oke gaiss, Selamat membeli dan menikmati buah duriannya ya.

Editor : Dwina

Sumber : JettNews

Leave a Reply