Saturday, July 22Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Bahaya !! Tidak Hanya Manusia, Kini Asap Rokok Mengancam Kesehatan Hewan.

Share

JettNews.com – Banyak ahli yang telah mengungkapkan bahwa asap rokok sangat berbahaya buat kesehatan tubuh. Asap rokok juga merupakan salah satu hal yang mengandung berbagai bakteri, kuman serta penyakit yang meningkatkan risiko jantung, kanker serta jantung bagi seseorang. Tapi nih ya, selain sangat berisiko terhadap kesehatan manusia, bahaya asap rokok dipercaya juga sangat berbahaya terhadap kesehatan hewan peliharaan.

Dikutip dari laman asiantown.net, penelitian terbaru menemukan bahwa asap rokok dan kandungan bakteri di dalamnya mampu mempengaruhi kesehatan organ dalam tubuh hewan. Zat nikotin dan zat aktif lainnya di dalam rokok dikatakan bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker juga sel penyakit mematikan lainnya di tubuh manusia maupun hewan. Yang lebih mengejutkan lagi, meski seseorang telah lama berhenti merokok, asap rokok yang masih menempel di kursi, tempat tidur atau benda-benda di rumah masih bisa menjadi sumber penyakit yang mematikan.

Bahan kimia yang terkandung di dalam asap rokok tak hanya bisa merusak sistem aliran darah manusia saja. Lebih jauh, hal ini juga bisa merusak sistem aliran darah dalam tubuh hewan. Penelitian yang dilakukan pada beberapa hewan yakni kelinci, anjing, kucing, hamster juga ikan ditemukan bahwa hewan yang dekat dengan orang yang merokok akan memiliki kesehatan yang kurang maksimal jika dibandingkan dengan hewan yang dekat dengan seseorang yang senantiasa menjauhi rokok dan memperhatikan pola hidupnya.

Carmela Stamper, seorang dokter hewan mengungkapkan jika asap rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya. Zat kimia inilah yang selanjutnya dihisap oleh hewan dan mengendap di organ dalam tubuhnya. Ketika hal ini terjadi dengan sangat sering, ini bisa sangat berdampak buruk buat kesehatan hewan tersebut dan bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya serta mematikan menyerang. Hewan yang terlalu sering terpapar asap rokok bahkan dikatakan memiliki risiko terserang kanker 50 persen lebih banyak dari hewan yang tak pernah terpapar oleh asap rokok.

Carmela mengatakan, “Asap rokok sangat berbahaya buat kesehatan. Bukan hanya kesehatan orang dewasa saja. Bahaya dari asap rokok sangat besar risikonya terhadap anak-anak dan hewan peliharaan. Anak-anak serta hewan peliharaan adalah sosok yang sangat sering bermain di lantai. Sementara asap rokok juga bakteri yang dihasilkan olehnya paling banyak menempel di lantai serta benda-benda lain di rumah yang sering menjadi tempat berkumpulnya bakteri serta kuman oleh asap rokok.”

Menurut Carmela, asap rokok bisa menyebabkan risiko paru-paru dan kanker hidung pada anjing, risiko limfoma ganas pada kucing dan gangguan saluran pernafasan bagi beberapa hewan lainnya. Studi yang dilakukan di Tufts University’s School of Veterinary Medicine di Massachusetts, Colorado State University menemukan bahwa kasus hewan mati karena bahaya asap rokok terus meningkat setiap tahunnya.

Ladies, mengingat begitu berbahayanya rokok, pastikan agar kamu tak pernah merokok. Kalau memang sudah terlanjur merokok, usahakan untuk berhenti dari kebiasaan ini. Ketika kamu ingin memiliki tubuh sehat dan lingkungan serta sahabat yang sehat, sudah seharusnya untukmu menjalankan pola hidup sehat dan menghindari rokok atau sejenisnya yang berdampak sangat buruk buat kesehatan

Editor : Dwina

Sumber : vemale

Leave a Reply