Friday, July 21Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Bahaya Menyimpan Kentang Dalam Kulkas !!!

Share

Kesehatan (JettNews) – Kentang adalah salah satu alternatif karbohidrat, yang banyak dipilih untuk menggantikan nasi. Konon, bahan makanan ini tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Mengapa demikian?

Kentang merupakan pilihan sehat yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk menggantikan asupan karbohidrat dari nasi. Meski sering dijumpai, belum banyak yang mengetahui cara terbaik untuk menyimpan bahan makanan yang satu ini.

Kentang umumnya disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya. Jika Anda berencana mengonsumsinya dalam waktu dekat, tindakan ini tidak menjadi masalah. Masalahnya, ini tidak baik jika Anda melakukannya untuk waktu lama.

Setelah dipanen, kentang dapat dibilang masih hidup, memutar oksigen dan karbon dioksida. Hal ini berarti kentang akan memberikan respon terhadap lingkungannya, sehingga perlu udara segar dalam penyimpanannya.

Ketika diletakkan pada suhu hangat, kentang masih akan terpicu untuk tumbuh. Jika terpapar cahaya matahari secara langsung, kentang akan berubah warna menjadi hijau. Sedangkan udara kering membuatnya menjadi lembek dan layu.

Kentang mentah menyukai udara sejuk, bukan dingin. Menyimpannya dalam kulkas akan menyebabkan pati dalam kentang berubah menjadi gula. Ini membuat kentang menjadi keras dan lebih manis. Tak hanya itu, setelah pati berubah menjadi gula, reaksi kimia dalam kentang saat dimasak dapat menimbulkan senyawa berbahaya.

Saat kentang dipanggang atau digoreng, gula tadi akan berinteraksi dengan asam amino asparagine dan menghasilkan senyawa kimia acrylamide. Senyawa acrylamide ini bersifat karsinogenik dan dapat meningkatkan risiko kanker. Inilah alasan utama mengapa kentang mentah sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

Mengejutkan, bukan? Karena itu, mulai saat ini jangan simpan kentang di dalam kulkas, ya! Cara terbaik untuk menyimpan bahan makanan yang satu ini adalah di lingkungan dengan suhu ruangan, sirkulasi yang baik, sejuk, gelap dan cukup lembap.

Editor : Dwina

Media Partner : Antaranews

Leave a Reply