Friday, September 22Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

Akibat Dari Bullying Anak Tumbuh Tidak Sehat

Share

JETTNEWS.COM, Kesehata – Ternyata anak yang terlibat Bullying atau perundungan, baik sebagai pelaku bullying maupun yang menjadi  korban bullying, mungkin akan berisiko tinggi terhadap kesehatan tertentu di kemudian hari. Hal ini diungkap oleh sebuah penelitian baru dikutip dari situs Star2, Jumat (2/6).

Dipimpin oleh para periset dari University of Pittsburgh di AS, penelitian ini melihat pada beragam sampel dari 305 peserta pria. Para peneliti mempelajari data para pria dari tahun pertama mereka di sekolah sampai usia 30-an awal.

Peserta menyelesaikan penilaian reguler mengenai faktor risiko psiko-sosial, perilaku, dan biologi untuk kesehatan yang buruk. Peneliti juga mengumpulkan data dari anak-anak, orangtua, dan guru tentang keterlibatan dalam perilaku intimidasi saat peserta berusia 10-12 tahun.

Sebagai orang dewasa, para peserta diminta untuk melengkapi kuesioner mengenai faktor kesehatan psiko-sosial seperti tingkat stres, riwayat kesehatan, diet dan olahraga, dan status sosial ekonomi mereka. Sekitar 260 individu tersebut diberi tes darah, penilaian kardiovaskular dan radang, dan diukur untuk tinggi serta berat badan mereka.

Tim peneliti menemukan, pria yang menjadi pelaku bullying selama masa kanak-kanak cenderung bersikap agresif dan bermusuhan ketika dewasa, merokok-faktor risiko yang kuat untuk penyakit kardiovaskular-dan menggunakan ganja serta mengalami keadaan yang penuh tekanan, lebih dari 20 tahun kemudian.

Sementara pria yang menjadi korban bullying juga menghadapi hasil yang lebih negatif saat dewasa, dan cenderung memiliki pendapatan yang lebih rendah, kesulitan keuangan, pengalaman hidup yang lebih menegangkan, merasa diperlakukan tidak adil oleh orang lain, dan kurang optimistis tentang masa depan mereka. Faktor-faktor tersebut tentunya memiliki ketertarikan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

“Kedua kelompok tersebut mengalami banyak tekanan (stres) dalam kehidupan mereka setelah dewasa. Jadi dampak bullying semasa kecil bertahan sangat lama,” ujar pemimpin penelitian, Karen Matthews.

Editor : Ej

Baca Juga : Bullying Sebabkan Anak Tumbuh Tidak Sehat

 

 

Leave a Reply