Sunday, April 23Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

7 Juta E-KTP Segera Didistribusikan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo

JETTNEWS.COM, Palembang – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan pihaknya telah melakukan kontrak sebanyak tujuh juta lembar blanko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dengan perusahaan pemenang tender.

Menurutnya,  e-KTP sudah mulai dicetak sejak akhir Maret yang lalu secara bertahap dan akan segera didistribusikan kepada masyarakat diberbagai daerah yang telah merekam data e-KTP.

“Kami sudah melakukan pendistribusian ke daerah untuk sekarang sudah tersalur sebanyak 30 persen, ” ungkapnya saat menghadiri Musrenbang RKPD Provinsi Sumsel di hotel Swarna Dwipa, Senin (17/4)

Dalam catatan Kemendagri,  ada 4,5 juta warga yang mendaftar data induk dan terdapat 3 juta e-KTP yang harus disediakan. Sebanyak 3 juta e-KTP  ditujukan untuk warga yang sudah memasuki usia dewasa, warga yang perlu pergantian status ke menikah dan berpindah alamat tinggal, serta warga yang KTP-nya rusak.

Sementara itu, untuk persoalan DPT Pilkada DKI Jakarta  yang tidak memiliki e-KTP Tjahjo menegaskan itu bukanlah masalah yang serius. Masyarakat yang tinggal menetap di Jakarta dan belum sempat merekam datanya cukup mengambil formulir C6 dan mendatangi TPS untuk memilih.

“Kalau tidak sempat lagi membawa formulir C6 cukup membawa KTP yang penting dia (pemilih) warga DKI Jakarta,” tutupnya.(Dee)

 

Editor : EJ

Leave a Reply