Friday, May 26Memberikan Berita Yang Independen,Mencerdaskan Dan Menginspirasi

62 Ribu Aparat Terlibat Dalam Pengamanan Pilkada Putaran Kedua

Share
Pilkada (ilustrasi)

JETTNEWS.COM, Jakarta – Sekitar 62 ribu aparat keamanan diterjunkan dalam pemilihan pilkada putaran kedua untuk menjaga situasi keamanan, Rabu (19/4). Jumlah aparat keamanan ini terdiri dari anggota Polri, TNI dan Perlindungan Masyarakat (linmas)

“Untuk pengamanan kami sudah siapkan sekitar 62 ribu dari unsur Polri, TNI dan anggota linmas,” ujar Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (18/4).

Dari 62 ribu aparat tersebut, akan dikerahkan 20 ribu anggota Polri dan 15 ribu anggota TNI. Sedangkan  untuk anggota linmas sendiri, akan ada 26 ribu anggota yang dikerahkan.

Kepolisian mengatakan, tidak semua aparat diturunkan di TPS. Menurut kapolri, ada sekitar 10 ribu anggota Polisi yang berpatroli atau berjaga-jaga di wilayah-wilayah yang telah ditentukan.

“Kekuatan kita yang stand by ada 10 ribu dari Polri,” ujar Tito.

Kapolri juga mengaku telah mengerahkan kekuatan cadangan. Namun ia tidak menjelaskan secara rinci jumlah dari pasukan cadangan tersebut.

“Kemudian masih ada kekuatan lain cadangan, baik yang di bawah komando langsung Kapolri tingkat Mabes mau pun ada yang langsung di bawah kendali bapak Panglima,” kata Tito.

Tito mengatakan, kepolisian akan menjaga jalannya pilkada demi menjamin hak masyarakat dalam memilih gubernur. Ia berharap, pesta demokrasi besok dapat berjalan aman dan tertib. “Silakan menggunakan hak pilih, hak politik, dengan sebebas-bebasnya. Ini dijamin oleh pemerintah,” kata dia.

Editor : EJ

Sumber : Msn

 

Leave a Reply